Roma 5:1 (b)

ayat130825_rm5_1“Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.”

Prinsip: Damai dengan Allah bukanlah perasaan, tapi fakta/kenyataan.

Aplikasi: Orang Kristen mempunyai damai dengan Allah terlepas dari bagaimana kita merasakan hal itu. Kita ada dalam damai dengan Allah selama-lamanya. Orang percaya memiliki tanggung jawab menikmati damai yang disediakan Allah. Kita dapat bersandar dengan pasti bahwa Allah “menghormati” iman kita atas karya Kristus di kayu salib yang “sudah genap”.

Orang-orang tanpa Kristus tidak memiliki damai sejahtera sejati. Mereka menyatakan, “Damai sejahtera! Damai sejahtera!, tetapi tidak ada damai sejahtera.” (Jeremia 6:14; 8:11).

Setiap orang telah berseteru dengan Allah, sehingga setiap orang harus datang untuk diperdamaikan dengan Allah di dalam hidupnya.

Kebanyakan orang tidak melihat diri mereka berseteru dengan Allah, tetapi dari sudut pandang Allah, mereka bermusuhan dengan-Nya.

Mereka mungkin menganggap dirinya netral. Kekeliruan dengan pemikiran seperti itu adalah bahwa mereka tidak mengerti bagaimana Allah dalam karakter-Nya sempurna secara mutlak.

Mereka yang percaya Kristus di sini dan sekarang memiliki damai sejahtera saat ini dan nantinya kelak bersama Tuhan.

Roma 8: 7 Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. 8 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya.

Kita bisa tahu bahwa kita memiliki damai sejahtera dengan Allah; kepastian berasal dari janji Allah. Mereka yang menerima janji pengampunan yang memperdamaikan kita dengan Allah memiliki damai sejahtera abadi dengan Allah. Ketika kita menerima Dia perseteruan seseorang dengan Allah berakhir. Allah dan manusia berdiri dalam posisi diperdamaikan selama-lamanya.

(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s