Kolose 3:3

“Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.”

Prinsip: Tidak ada sesuatu apapun bahkan Setan sendiri, dapat memisahkan kita dari Allah.

Aplikasi: Orang percaya memiliki jaminan ganda hadapan Allah. Allah telah menjamin kita bersama-sama dengan Kristus di dalam Allah. Tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah dalam Kristus Yesus (Roma 8:31-39). Allah mengamankan posisi kita terhadap kondisi bahaya dalam hidup. Kegagalan kita sendiri, orang lain atau setan sendiri tidak bisa menyentuh status kekal kita di hadapan Allah.

Ketika Caesar mengancam akan mengambil nyawa Chysostom kecuali ia meninggalkan Kristus, ia berkata, “Anda tidak bisa, Yang Mulia, karena hidup saya tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.”

Jaminan kekal orang percaya adalah soal posisi kita dalam Kristus dihadapan Allah. Inilah yang Kristus lakukan bagi kita. Ini tidak ada hubungannya dengan apa yang kita lakukan. Kita tidak bisa menjamin posisi ini dengan cara bagaimana kita hidup. Jaminan keselamatan terletak pada kematian kita dalam Kristus atau bukan. Jaminan kekal kita di hadapan Allah adalah masalah kasih karunia. Kasih karunia adalah apa yang diberikan Allah, bukan apa yang kita lakukan.

Kita tidak menjadi orang Kristen dengan apa yang kita lakukan tetapi dengan menjadi apa kita. Kita tidak terjamin dalam Tuhan dengan apa yang kita lakukan tetapi dengan menjadi apa kita. Namun, menjadi apa kita dan yang apa mendorong kita kedalam kehidupan yang menyenangkan/berkenan kepada Tuhan.

Apakah hidup kita telah menjadi hidup yang tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah!?

(Dr. Grant C. Richison, Verse-by-Verse Commentary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s