Keluaran 20:4-5a

“4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. 5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya….”

 

Kita keliru berpikir bahwa apa yang Allah katakan di sini hanyalah berhala yang dibuat oleh tangan manusia-hal seperti patung dewa, orang atau lainnya. Tetapi lebih besar dari itu adalah berhala hati.

Berhala adalah sesuatu yang mengambil tempat pertama dalam hidup dan kasih kita, apa pun yang menjadi “ilah fungsional” dalam hidup kita adalah berhala.

Adakah seuatu yang kepadanya Anda menaruh kepercayaan Anda? Apakah yang mengendalikan pemikiran dan tindakan Anda sepanjang hari? Apakah pekerjaan Anda, pendidikan atau status sosial Anda? Mungkin itu adalah restu dari orang tertentu dalam hidup Anda.

Ketika hal-hal ini menjadi prioritas pertama dalam hidup Anda, di atas Allah, itulah adalah berhala kita.

Jika kita benar-benar hidup sesuai perintah yang pertama, “jangan ada ilah lain bagimu di hadapan Allah”, kita tidak akan tunduk pada kesuksesan, opini publik, investasi, karir atau hal lain kecuali hanya pada Allah yang hidup. Dia sendiri akan menjadi Allah kita memiliki tempat pertama dalam hati dan hidup kita, menggusur semua berhala lainnya.

(Caesar Kalinowski, The Daily Bible Verse)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s