Keluaran 20:15

“Jangan mencuri!” 

 

Ketika seseorang mencuri sesuatu, pada dasarnya dia sedang menjadi penyedia nafkah bagi dirinya sendiri. Dia berpikir, “Tuhan tidak memeliharaku dengan baik, jadi aku sendiri harus menyediakan ini untuk diriku …”

Kita tidak membuat Allah yang pertama dalam hidup kita ketika kita mencuri. Mencuri menegaskan fakta bahwa kita pikir kita bisa memenuhi kebutuhan diri dengan cara yang lebih baik dan lebih kaya dari Allah! Kita menempatkan pemeliharaan atas diri kita diatas Tuhan – yang pada dasarnya mencoba membuat diri kita menjadi Tuhan atas hidup kita.

Juga, ketika kita menginginkan sesuatu yang Tuhan belum tentukan disediakan dalam hidup kita, dan kita ingin sekali mencuri untuk itu, kita telah membuat itu menjadi berhala atau ilah kita. “Saya harus memilikinya!” Kita telah secara nyata menempatkan “ilah” itu, dan keinginan kita sendiri, di hadapan Allah dan kehendak-Nya yang sempurna dan pemeliharaan-Nya dalam hidup kita.

Jadi kita melihat bahwa mencuri sesuatu yang bukan hanya adalah salah untuk mengambil sesuatu yang bukan milik kita, tapi hal itu suatu pengingkaran terhadap Allah kita yang baik dan murah hati.
(Caesar Kalinowski, The Daily Bible Verse)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s