Keluaran 20:16

“Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu!”

BERBOHONG membelokkan realitas. Kita memberikan kesaksian palsu, atau berbohong tentang sesuatu, untuk mengubah persepsi seseorang. Mungkin pendapat seseorang tentang kita, kemampuan atau kekuatan kita. Ini mungkin untuk mengubah persepsi mereka (menurut kita) tentang orang lain. Dalam kedua hal itu, kita mencoba untuk menjadi “Allah” dalam situasi tersebut. Kita sesungguhnya sedang mengambil kendali atas pikiran dan emosi orang lain ketika kita berbohong.

Berbohong adalah suatu pelanggaran terhadap Allah karena ia telah memerintahkan bahwa kita tidak memiliki allah lain di hadapan-Nya — termasuk diri kita!

Jika kita percaya dan mempercayai Tuhan untuk mengasihi dan memelihara kita dalam segala hal, kita tidak pernah harus berbohong untuk mencoba dan memanipulasi keadaan. Kita hanya berbohong karena kita tidak percaya Allah cukup besar untuk menangani situasi tertentu, jadi kita mengambil kendali atas orang dan situasi dengan kata-kata kita. Kita bertindak seperti kita adalah Tuhan dalam situasi tersebut.

Percayalah bahwa Allah adalah “besar dan bertanggung jawab” atas segala sesuatu dalam hidup Anda. Biarkan dia menjadi pembela Anda dan Anda tidak perlu lagi berbohong.
(Caesar Kalinowski, The Daily Bible Verse)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s