Keluaran 20:17

“Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu.”

Kata “mengingini” tidak banyak muncul dalam bahasa sehari-hari. Tapi tentu saja merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari! Definisi untuk mengingini adalah: hasyrat mengingini secara salah, tidak terkendali, atau tanpa memperdulikan hak-hak orang lain.

Dibalik ini semua adalah hati yang yang tidak bersyukur, keegoisan dan ketidak yakinan bahwa Allah memelihara kita. Lalu muncullah pikiran, “Saya mestinya punya salah satu dari itu … atau,” mengapa pasangan saya tidak seperti mereka …” atau, “kenapa aku harus tetap di pekerjaan ini …?”, dll.

Menginginkan apa yang kita tidak miliki menunjukkan kita tidak puas dengan pemberian Allah dalam hidup kita. Lalu mengatakan, “Aku layak mendapatkan lebih dari ini!”, “Saya tahu apa yang saya butuhkan lebih baik”, “Menunggu Allah ……. kapan? dll.

Ketika kita percaya bahwa kebaikan Tuhan tidak terbatas, dan kita ingat bahwa Dia saja yang berdaulat, kita dapat mengenyahkan semua hasyrat mengingini dari dalam diri kita. Maka perintah tersebut akan kita pahami sebagai, “Jadilah puas dengan apa yang oleh Tuhan yang mahamurah telah berikan Anda!”

(Caesar Kalinowski, The Daily Bible Verse)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s