1 Johanes 4:4

ay_130806“Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.”

 

Prinsip: Ada pertalian antara umat Allah dan kebenaran Allah.

Aplikasi: Iblis menujukan serangan utamanya terhadap umat Kristen yang lemah. Sistem dunia membenci Kekristenan. Kita tidak boleh lupa hal itu. Dunia keagamaan, dunia politik, dan dunia sehari-hari membenci Kristus. Iblis terus muncul dengan argumen terhadap Kekristenan agar orang-orang tidak mau percaya.
Alat Iblis menarik orang adalah membuat mereka berpikir mereka bebas dari Firman Allah. Jika Iblis bisa membuat mereka menerima gagasan itu maka ia (Iblis) memiliki mereka. Gagasan ini membuat manusia (merasa) mempunyai otoritas tertinggi.

Alkitab mengharuskan manusia menjadikan wahyu Allah sebagai otoritas tertinggi. Manusia adalah terbatas dan ia membutuhkan Dia yang tak terbatas untuk mengkomunikasikan kebenaran abadi kepadanya. Manusia sangat membutuhkan terang wahyu ilahi karena dosa membutakan pikirannya untuk hal-hal rohani (2 Kor 4:3,4).

Orang Kristen tidak mendapatkan kemenangan atas dunia dengan kecerdasannya yang unggul atau karena pengetahuan tentang keagamaan. Dia mendapatkan kemenangan itu melalui Roh Kudus. Dia menaruh kepercayaannya pada Roh Allah menggunakan Firman Tuhan untuk memberikan pemahaman tentang kebenaran Allah. Berdiamnya Roh Kudus dalam dirinya memberinya kekuatan di luar dirinya. Roh Kudus adalah kekuatan sejati dalam diri orang percaya. Iblis adalah kekuatan yang nyata yeng menentang Allah dan tujuan Allah di dunia.
(Dr. Grant C. Richison, Verse-by-Verse Commentary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s