Galatia 1:15

“Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku sejak kandungan ibuku dan memanggil aku oleh kasih karunia-Nya,”

Prinsip: Allah adalah semua dalam urusan mengubah antagonis menjadi katalis untuk maksud Kristus

Aplikasi: Ketika Tuhan menyentuh hidup kita, Dia merubah hidup kita 180 derajat. Jika Tuhan bisa mengubah seorang pembunuh seperti Paulus, Dia bisa mengubah kita.

Allah melakukan hal ini dengan cara-Nya yang berdaulat. Dia menyelamatkan kita dengan anugerah-Nya yang berdaulat.

Tak satu pun layak dengan upayanya sendiri memperoleh atau mendapatkan keselamatan. Jika kita mendapatkan apa yang kita seharusnya, maka Tuhan akan mengirimkan kita ke Lautan Api, yang mutlak hanya dapat dicapai oleh kasih karunia Allah.

Allah menunjukkan dapat “menangkap” musuh-Nya yang paling keras dan mengubahnya menjadi alat yang terbesar ditangan-Nya. Perhatikan deskripsi Paulus tentang keselamatannya.

“Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku — aku yang tadinya seorang penghujat dan seorang penganiaya dan seorang ganas, tetapi aku telah dikasihani-Nya, karena semuanya itu telah kulakukan tanpa pengetahuan yaitu di luar iman.
Malah kasih karunia Tuhan kita itu telah dikaruniakan dengan limpahnya kepadaku dengan iman dan kasih dalam Kristus Yesus.
Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya: “Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa,” dan di antara mereka akulah yang paling berdosa.
Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal.
Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.” (1 Timotius 1:12-17).
(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s