Roma 10:17

“Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus”

 

Prinsip: Orang tidak bisa datang kepada Kristus selain dari pemberitaan Injil Kristus.

Aplikasi: Iman berasal dari mendengarkan pesan Injil. Iman mensyaratkan pendengaran akan Injil. Yaitu digugah oleh amanat/pesan Injil. Dengan kata lain, Allah sendirilah yang berbicara ke dalam hati orang tersebut. Allah melakukan hal ini melalui Roh Kudus (1Kor 2:12-14; 1 Yoh 5:06). Tanpa pelayanan Roh Kudus kata-kata kesaksian hanya akan “”masuk ditelingan kiri keluar di telinga kanan”. Hanya dengan kata-kata mati manusia tidak akan pernah membuahkan apa-apa.

Roma 1:16, Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.

Ada kebutuhan untuk mengartikulasikan Injil; adalah tidak cukup untuk menghidupi Injil. Injil yang dibagikan dalam kuasa Roh Kudus akan membuah hasil. Allah akan memakai kita untuk memenangkan yang terhilang bagi Kristus jika kita berbagi amanat Injil. Akan ada yang menerimanya.

Iman tidak datang dengan menyaksikan pengalaman semata, pengalaman mistis atau cara lain tetapi dengan menyampaikan Injil dengan kata-kata. Percaya akan apa yang Tuhan katakan timbul dari mendengarkan Injil. Iman percaya akan datang ke dalam hati orang-orang yang membuka diri untuk kebenaran. Oleh karena itu, perlu bahwa kita menyampaikan seperti kata-kata Paulus dalam Roma 5:20, “ Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.”

(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s