1 Korintus 2:12-13

ay_130814_roh dan hikmat“Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh.”

Prinsip: Kita harus tahu Firman Allah sebelum kita dapat menerapkan Firman Allah.

Aplikasi: Alasan Roh Kudus menempatkan Kitab Suci Alkitab dalam kata-kata adalah agar orang percaya dapat mengetahui dengan cermat apa yang Tuhan katakan. Peran pendeta adalah untuk menjelaskan Kitab Suci sehingga jemaat dapat memahami pesan/amanat Tuhan dengan jelas.

Kita mendengar orang-orang berkata bahwa doktrin membosankan dan kering. Itu sama dengan mengatakan bahwa apa yang Tuhan katakan adalah membosankan dan kering. Kita hidup di hari di mana orang “tidak dapat lagi menerima ajaran sehat.” Bukannya kelaparan akan Firman, mereka malah menyatu dan dikuasai oleh “keinginan-keinginan” mereka. Mereka berbalik dari kebenaran.

2 Timoteus 4:3 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. 4 Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.

(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s