1 Petrus 2:19

ayat_130831_1 pet 2 19“Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung.”

 

Prinsip: Tuhan tidak menginginkan kita untuk menderita hanya karena merasa tugas tanggung-jawab tetapi dari keyakinan tentang tujuan Allah bagi kita.

Aplikasi: Penderitaan seperti ini dapat terjadi pada anak-anak Tuhan dalam hubungan pekerjaan. Karyawan yang memiliki norma-norma yang dibentuk oleh Allah akan menderita karena norma-norma tersebut. Seseorang berkata, “Yah semua orang ljuga melakukannya.” Dia menjawab, “Aku tidak. Aku tidak melakukan hal yang tidak jujur di hadapan Allah. Pecat, silahkan. Silahkan kenakan sanksi. Silahkan gugat. Hati nuraniku tidak akan kutukarkan begitu saja. Aku tidak dapat membungkam hati nuraniku seperti orang lain.”

Anda mungkin akan dipecat. Anda mungkin dikenakan sanksi karena norma-norma dari Allah yang Anda pertahankan. Anda bisa tidak dipromosi walau sudah waktunya, tapi Anda mengambil sikap setia pada nurani Anda. Ini adalah kasih karunia. Anda tahu bahwa Anda berada sedang dipromosi untuk pekerjaan Anda tetapi orang lain yang mendapatkannya. Walaupun orang itu mungkin kurang mumpuni dari Anda untuk dipromosikan. Namun Anda menolak untuk menurunkan tolak ukur Anda. Anda berdiri teguh dan setia kepada Tuhan.

Namun, jika kita menderita karena kita bermasalah atau “eksentrik” itu adalah soal yang berbeda. Dalam hal ini kita menderita karena kita memang “eksentrik”. Itu adalah kesalahan kita. Jika kita menderita karena kita tidak menyenangkan, kita tidak menyalahkan Tuhan.

(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s