1 Korintus 1:24

ayat_130903_1 kor 1 24“…tetapi untuk mereka yang dipanggil, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.”

 

Prinsip: Allah dapat menyediakan segala sesuatu bagi kita dan tidak tergantung kepada apapun tetapi manusia sebaliknya, tergantung dari apa yang disiapkan dan disediakan Allah.

Aplikasi: Kristus adalah sumber keselamatan kita pribadi lepas pribadi. Hikmat dan kuasa Allah jauh melampaui kapasitas terbatas manusia untuk memahami. Kuasa dan hikmat Allah hanya dapat ditemukan di dalam Allah dan dari Allah karena berasal dari rencana-Nya yang kekal sebelum dunia diciptakan.

Pusat rencana Allah ada pada pribadi dan karya Kristus. Rencana ini melampaui kemampuan manusia untuk memahaminya. Allah menggunakan rencana-Nya sendiri agar dapat kita pahami.

Karena kapasitas Allah tak terbatas dan kapasitas manusia terbatas, tidak ada cara manusia dapat sepenuhnya memahami Allah sehingga Allah menyiapkan rencana-Nya dengan pesan sederhana yaitu Kristus yang disalibkan.

Penerimaan akan kematian Kristus bagi seseorang adalah awal dari rencana Allah bagi orang tersebut. Orang percaya memahami bahwa Allah adalah sempurna dan hanya dapat menerima orang yang sempurna di hadapan-Nya. Tetapi tidak ada yang sempurna (Roma 3:10,23) sehingga Allah menyatakan kita dibenarkan karena akan akan kematian Kristus bagi setiap dosa kita di masa lalu, sekarang, dan kedepan.

Oleh karenya, rencana Allah adalah berdasarkan pengorbanan Kristus. Itulah sebabnya adalah kebodohan bagi manusia yang terbatas untuk mencoba mencari keselamatan dan pengampunan diluar Kristus.
(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s