1 Korintus 10:13

ayat_130906_1 kor 10 13“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”

Prinsip: Selalu ada perlengkapan ilahi dalam menghadapi pencobaan.
Aplikasi: Satu hal yang membuat perbedaan adalah bukan apa yang kita lakukan dengan pencobaan kita, tetapi apa yang Allah dapat lakukan tentang hal itu.

Allah adalah kekal. Allah tahu bahwa kita semua memiliki kemampuan yang berbeda dalam menangani masalah. Allah merancang setiap pencobaan untuk berkat dan pertumbuhan rohani.

Allah setia dalam ujian dan pencobaan. Masalah utama dalam semua hal ini adalah karakter Allah, Dia adalah kekal dan setia kepada janji-janjiNya. Allah mengasihi orang percaya dan setia kepadanya. Kita dapat ditolak seseorang bahkan dengan kasar, tetapi Allah tidak pernah menolak kita. Allah tidak pernah kehilangan kesabaran sehingga perlu “pendinginan” kemudian, seperti kita. Dia selalu sama dan tetap setia.

Ada tiga pelajaran tentang pencobaan:
1. Pencobaan adalah lazim bagi setiap orang, sehingga tidak ada pencobaan yang unik. Tidak ada yang bisa bersembunyi dibalik argumen bahwa dosanya adalah unik dan sehingga tidak dapat diampuni.
2. Allah bekerja mengendalikan dalam kaitan pencobaan kita. Kita orang Kristen tidak sendirian dalam pencobaan kita dan kita dapat meminta Allah untuk melepaskan kita.
3. Allah yang penuh rakhmat secara pribadi menyediakan cara tertentu untuk menolong kita lepas dari pencobaan kita.

(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s