Galatia 1:4

ayat_130907_cross(Tuhan Yesus Kristus) ..yang telah menyerahkan diri-Nya karena dosa-dosa kita, untuk melepaskan kita dari dunia jahat yang sekarang ini, menurut kehendak Allah dan Bapa kita.

 

Prinsip:  Yesus tidak hanya menyelamatkan kita dari hukuman dosa tetapi dari kuasa dosa.

Aplikasi: Yesus mati bukan hanya karena dosa-dosa kita, lebih dari itu, Dia mati untuk membantu kita mengatasi dengan masa/jaman dimana kita hidup, sistem yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari kita. Dia tidak menyelamatkan kita untuk memindahkan kita dari dunia ini, tetapi untuk membantu kita mengatasi dunia kita ini. Dia tidak menjauhkan kita dari dunia tetapi menunjukkan kepada kita bagaimana hidup di dalamnya.

Dalam suratku telah kutuliskan kepadamu, supaya kamu jangan bergaul dengan orang-orang cabul. Yang aku maksudkan bukanlah dengan semua orang cabul pada umumnya dari dunia ini atau dengan semua orang kikir dan penipu atau dengan semua penyembah berhala, karena jika demikian kamu harus meninggalkan dunia ini.” (1 Korintus 5:9-10).

Ada kecenderungan dasar untuk setiap orang Kristen untuk kembali ke legalisme, sistem kerja “lakukan sendiri” (“do-it-yourself system of work”), karena entah bagaimana, kita merasa demikianlah Allah menghendaki kita. Namun, doktrin palsu ini mengecilkan/meniadakan karya Kristus di kayu salib. Kita pikir bahwa karya-Nya di kayu salib tidak cukup dan kita harus membantu-Nya agar kita dapat melepaskan diri kita.
Alkitab dengan sangat jelas menyatakan bahwa kita tidak bisa mengupayakan keselamatan kita, atau layak mendapatkannya. Kita semata-mata bersandar pada karya Kristus yang sudah selesai dan sempurna.

(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s