1 Korintus 1:9

ayat_130911_1kor1_9 “Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia.”

Prinsip: Kesetiaan Allah memberikan keyakinan akan keselamatan kita.

Aplikasi: Kita dapat mempercayakan diri pada Allah akan masa depan kita karena Dia menjanjikannya dalam Firman-Nya. Tidak ada kekecewaan di dalam Dia. Dia sepenuhnya dapat dipecaya. Karenanya, kita mempunyai dasar keyakinan yang kokoh dan mutlak. Kita sepatutnya bersyukur untuk kesetiaan kesetiaan-Nya yang kekal untuk kita.

Sesungguhnya kita tidak layak untuk menerima kesetiaan-Nya tersebut. Kita tidak dengan usaha sendiri mendapatkan kesetiaan tersebut. Seluruhnya bersandar pada karya Kristus yang sempurna di kayu salib. Posisi kita di dalam Kristus tidak memerlukan tambahan apa-apa dari pihak kita. Kesetiaan-Nya menjamin keselamatan kita. Allah akan memelihara kita tak bercacat.

Roma 8:30 “Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.”

Allah tidak akan membiarkan kita “down”. Orang bisa membuat dan membiarkan kita “down”. Kita akan kecewa bila kita memandang pada orang lain. Hal itu akan membuat kita susah. Mempercayai Allah dan janji-Nya memberikan kita jaminan keselamatan. Hal itu juga memberikan kita kepastian bahwa Allah akan menepati janji-Nya bagi kita pada waktunya.

1 Korintus 10:13 “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

1 Tesalonika 5:24 “Ia yang memanggil kamu adalah setia, Ia juga akan menggenapinya.”

2 Tesalonika 3:3 “Tetapi Tuhan adalah setia. Ia akan menguatkan hatimu dan memelihara kamu terhadap yang jahat.

1 Johanes 1:9 “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.”
(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s