Galatia 5:1

ayat_130919_fil 1_11“Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.”

 

Prinsip: Legalisme memperbudak orang-orang yang melakukannya.

Aplikasi: Legalisme tidak bisa membuat kita benar dihadapan Allah. Hal ini hanya bisa memperbudak kita dengan mengikat kita ke kuk hukum.

Apakah Anda merasa diterima Allah hanya setelah Anda mengukur dengan suatu daftar hal-hal yang Anda pikir akan menyenangkan-Nya? Jika demikian, Anda seorang legalis. Jika Anda ingin memaksakan aturan pada orang lain sehingga Anda mengendalikan mereka, Anda seorang legalis. Anda tidak mempercayai karya Kristus dalam hati mereka sehingga Anda memaksa mereka ke dalam kriteria tertentu menurut Anda untuk dapat sampai kepada Allah. Ini merupakan upaya untuk menjalani hidup tanpa kuasa Roh Allah.

Lawan yang tepat (antithesis) dari legalisme adalah anugerah, atau kasih karunia, kebebasan yang kita miliki karena Kristus. Tidak ada legalisme seberapapun yang diperlukan untuk memperoleh persekutuan dengan Allah. Hidup berjalan dalam Roh, itulah yang menghasilkan kebebasan. Menahan diri dari lima hal dan melakukan lima hal lain bukanlah kehidupan Kristen.

Kemerdekaan Kristen sejati berarti kita tidak harus membayar untuk dosa-dosa kita sendiri atau berupaya sampai kepada Allah untuk diselamatkan atau disucikan. Inilah prinsip di mana orang Kristen harus berdiri – prinsip anugerah/kasih-karunia.

Dosa adalah perampas kemerdekaan. Gagasan kemerdekaan ini begitu kabur, sehingga tanpa penyataan dari Allah, sulit kita melihatnya. Pelayanan Roh Kudus dalam hidup kita itulah yang dapat menjelaskannya.

Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.”(2 Korintus 3:17-18)

Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s