Matius 5:14

ayat_130925_mat 5 13“Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.”

Prinsip: Umat Kristen tidak hanya berada di dunia tetapi berada “di atas gunung” sehingga semua orang dapat melihat kemuliaan Allah.

Aplikasi: Kristen memantulkan terang yang ada di dalam Yesus. Adalah tidak mungkin untuk menyembunyikannya ketika terang kita bersinar. Orang lain tidak bisa tidak melihat apa yang kita miliki di dalam Kristus. Tidak ada apa istilah orang percaya rahasia.
Yesus menyebut diri-Nya terang dunia (Yoh 8:12; 9:5; 12:35, 36, 46). Yesus adalah sumber terang dan kita memantulkan atau merefleksikan terang itu.

Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan, supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia, sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah. (Filipi 2:14-16)

Kegelapan adalah dimana terang dibutuhkan. Oleh karena itu, orang Kristen tidak boleh menjadi pertapa agama. Rencana Allah yang berdaulat adalah memakai orang-orang-Nya untuk menjangkau orang-orang yang tersesat atau terhilang. Mungkin kita dihadapkan dengan orang-orang yang bersikap menolak dan menentang iman yang kita bagikan, yaitu orang-orang yang tidak pernah terbuka untuk menerima Kristus. Namun, Tuhan mengatakan kepada orang seperti itulah kita dipanggil bersaksi.

Satu-satunya terang yang dipunyai oleh dunia ini adalah orang-orang percaya – itulah sebabnya mengapa (dunia) begitu gelap. Boleh jadi kitalah orang-orang Kristen terbaik yang beberapa orang kenal dimana kita hidup.
(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s