Roma 8:5 (2): Dosa Daging ……lebih dari sekedar dosa yang dapat kelihatan

ayat_131005_rom 8_5“Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh.”

Prinsip : Hanya ada dua kelompok orang dari sudut pandang Allah.

Aplikasi : Dari sudut pandang Allah hanya ada dua kelompok orang: (1) yang terhilang, dan (2) yang diselamatkan. Kecendrungan dari orang bukan-Kristen adalah berkisar pada dirinya, sementara orientasi orang Kristen secara mendasar adalah terhadap Allah .

Seorang Kristen memang dapat jatuh ke dosa daging meskipun hati mereka terhadap Allah. Sementara ini, kita masih berjuang dengan dosa-dosa daging.Tetapi suatu hari kelak kita akan bebas sepenuhnya dari (diri) daging ini.

Jeremia 17:9 “Betapa liciknya hati, lebih licik dari pada segala sesuatu, hatinya sudah membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya?”

Bicara tentang dosa daging hal itu jauh lebih dari sekedar dosa yang dapat kelihatan.

Dosa daging termasuk keinginan untuk pengakuan, keinginan untuk sanjungan seseorang yang mengatakan betapa hebatnya kita. Hal-hal ini mengalihkan perhatian kita dari berpikir seperti Tuhan inginkan kita berpikir.

Kita seharusnya menyesali diri karena kita menipu diri dengan mencoba melihat diri kita dengan meminjam mata orang lain dan mencoba mengangankan apa yang mereka pikirkan tentang kita. Karenanya kita banyak terjebak oleh perasaan kita. Kita ingin (dengar) orang lain mengatakan kepada kita dan dunia, “dia memang mengagumkan”.

Hal-hal “dari daging” ini merupakan pencobaan yang merenggut kita dari mengarahkan hati kita selalu hanya kepada Allah.

(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s