Roma 8:6: hidup dan kedamaian dengan Allah

ayat_131007_rom 8_6“Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.”

 

Prinsip : Memikirkan dan memperhatikan hal-hal dari Allah berarti menetapkan nilai-nilai kita pada apa yang dinyatakan Tuhan kepada kita dalam Firman-Nya .

Aplikasi : Mereka yang hidup menurut Roh menyerahkan diri kepada Tuhan. Adalah sesuatu yang tidak mungkin untuk hidup di kedua sisi dinamis ini sekaligus. Itulah sebabnya mengapa sangat penting bahwa kita menetapkan nilai-nilai kita pada Tuhan dan Firman-Nya. Tuhan menyediakannya sebagai arah dalam hidup kita. Tetapi kita tidak bisa menjaga arah hidup kita tersebut tanpa tekad dari dalam diri kita.

3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. 2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi. 3 Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.

Tidak ada yang lebih buruk bagi seseorang daripada berperang dengan Penciptanya. Di sisi lain, tidak ada hidup yang begitu diberkati bila kita berdamai dengan-Nya. Mereka yang tidak mengenal Dia berada dalam hidup penuh ketakutan dan ketidakpercayaan yang menyedihkan. Sementara bagi mereka yang percaya pada-Nya, yang memberi pikirannya “dikuasai oleh Roh Allah” tidak ada peperangan nurani dalam diri mereka, tetapi “hidup dan kedamaian dengan Allah”. Seperti dikatakan dalam BIS mengatakan, “Kalau pikiranmu dikuasai oleh tabiat manusia, maka akibatnya kematian. Tetapi kalau pikiranmu dikuasai oleh Roh Allah, maka akibatnya ialah hidup dan kedamaian dengan Allah.”

Sebaliknya, Firman Tuhan dalam Jesaya 48:22 menegaskan, “Tidak ada damai sejahtera bagi orang-orang fasik!” firman TUHAN.

(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s