Matius 13:8: “Jatuh di Tanah Yang Baik lalu Berbuah”

ayat_131017_mat 13_8“Dan sebagian jatuh di tanah yang baik lalu berbuah: ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.”

Prinsip: Kita tidak dapat menghindarkan bahwa beberapa akan menolak pemberitaan kita, tetapi yang menerima secara penuh akan berbuah penuh.

Aplikasi: Pendeta, guru sekolah minggu, dan pekerja di lading Tuhan terkadang berkecil hati karena kurangnya respon terhadap pemberitaan mereka. Tuhan Yesus menyatakan bahwa akan ada berbagai respon terhadap Berita yang disampaikan. Tetapi itu bukanlah tanggung jawab kita menjamin respon dari mereka yang mendengarkan. Tanggung jawab kita adalah untuk memberitakan pesan Injil dengan jelas.

Kita melihat ada berbagai jenis penerimaan akan Allah yang tergantung pada kemauan positif atau negatif terhadap Allah sendiri. Hakekat penerimaan terhadap Yesus bisa hanya penerimaan secara luaran/lahiriah saja, bisa juga penerimaan penuh Kristus sebagai Juruselamat.

Jika seseorang yang menyebut dirinya orang percaya tetapi tidak mau menerima pengajaran Firman, ia memiliki masalah serius dengan Tuhan. Alkitab hanya akan “bekerja secara efektif” dalam diri orang Kristen yang menerima sepenuhnya Alkitab sebagai Firman Allah didalam hidupnya. Merekalah “tanah yang baik” yang menerima benih tanpa syarat apapun. Merekalah orang yang memang memiliki telinga untuk mendengar. Merekalah yang benar-benar siap untuk menghasilkan buah: “ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.”

Dan karena itulah kami tidak putus-putusnya mengucap syukur juga kepada Allah, sebab kamu telah menerima firman Allah yang kami beritakan itu, bukan sebagai perkataan manusia, tetapi — dan memang sungguh-sungguh demikian — sebagai firman Allah, yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya. 1 Tesalonika 2:13

(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s