Galatia 1:16: “waktu Ia, …berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku”

ayat_131018_gal 1_16(15 Tetapi waktu Ia (Allah) , yang telah memilih aku sejak kandungan ibuku dan memanggil aku oleh kasih karunia-Nya,) 16 berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku, supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi, maka sesaat pun aku tidak minta pertimbangan kepada manusia; 

Prinsip: Tidak ada yang berkenan kepada Allah lebih daripada menyatakan Anak-Nya pada orang-orang kudus-Nya.

Aplikasi: Allah tidak hanya ingin menyatakan/mengungkapkan Anak-Nya kepada kita, tetapi juga di dalam kita. Dia ingin kita sesuai dengan gambar Kristus setiap hari.

“Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar. “ (2 Korintus 3:18)

Bahkan orang-orang berdosa “oleh kasih karunia-Nya” dapat menjadi orang-orang kudus besar – seperti Paulus misalnya – ketika mereka mengizinkan Kristus untuk mengubah mereka. Allah dapat “menangangkap” seseorang berdosa yang tercela dan membentuk karakter mereka seperti yang ada pada Yesus.

Tuhan juga akan menggunakan orang-orang dengan latar belakang yang bernoda dan rendah untuk melayani-Nya dengan cara yang unik.

” Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan. “(1 Petrus 2:9-10).

(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s