Roma 8:9 (c): “Roh Allah diam di dalam kamu”

ayat_131020_rom 8 9b“Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.”

Prinsip: Allah mengikat hubungan kita dengan Roh Kudus demi untuk hubungan kita dengan Kristus.

Aplikasi: Dinamika Roh dalam kehidupan orang percaya sebagai mind-set memberinya pikiran yang berorientasi kepada Allah.

Ini tidak berarti bahwa orang Kristen tidak akan bisa memadamkan Roh (1 Tes 5:19) atau mendukakan Roh (Ep 4:30) atau bahwa tidak mungkin bagi seorang Kristen untuk berbuat dosa. Namun, nyata dan jelas bahwa seseorang yang memiliki kehadiran Roh Kudus yang berdiam dalam dirinya tidak bisa sama dalam sikap terhadap Tuhan.

Berdiamnya Kristus dalam diri kita merupakan jaminan kuasa Allah dalam diri kita. Kebangkitan kehidupan Kristus di dalam kita adalah kekuatan untuk kehidupan Kristen.

Gal 2:20 Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Fil 3:10 Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya.

(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s