Matius 16:24: Peniadaan Diri Tidak Sama Dengan Penyangkalan Diri

ayat_131025_mat 16 24“Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.”

Prinsip: Peniadaan diri (seperti pada kepercayaan tertentu) tidak sama dengan penyangkalan diri.

Aplikasi: Penyangkalan diri harus dilakukan sebagai pengendalian diri hasil dari penyerahan sepenuhnya pada Tuhan. Peniadaan diri bisa menjadi pendekatan orang-orang petapa untuk hidup mendapatkan pujian Allah. Tetapi ini jelas tidak alkitabiah, tetapi yang pertama, yaitu pengendalian diri sebagai hasil dari penyerahan sepenuhnya pada Tuhan.
Memikul salib mengacu pada kesediaan untuk menderita kehinaan atau bahkan mati bagi Yesus. Yesus memberikan teladan untuk mengorientasikan misi-Nya di kayu salib, maka kita juga harus mengarahkan hidup kita di sekitar salib kita. Ada harga yang harus dibayar untuk mengikuti Yesus.

Penyangkalan diri paradoksal dengan banyak pemberitaan dewasa ini yang berpusat pada diri sendiri – pemberitaan yang “self centered”, yaitu datang kepada Tuhan untuk mendapatkan. Pemberitaan semacam itu bukanlah pemberitaan menurut Alkitab. Kita tidak dapat menemukan ide-ide (ikut Tuhan mendapatkan) kesehatan dan kekayaan dalam Firman Tuhan. Kita juga tidak dapat menemukan pengajaran tentang hubungan dengan harga diri, citra diri tinggi atau cinta-diri di dalam Alkitab. Orang Kristen tidak memiliki hak ilahi untuk kekayaan; Alkitab menyatakan bahwa orang Kristen akan menderita karena imannya. Tidak ada cara bahwa seorang Kristen bisa berdamai dengan dunia yang bermusuhan dengan pesan/berita dari Yesus.
(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s