Roma 5:8: Allah mengasihi kita pada keberadaan paling gelap

ayat_131026_rom 5 8

“Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.”

Prinsip: Kematian Kristus adalah perwujudan kasih Allah.

Aplikasi: Kasih Allah bekerja terlepas dari usaha atau jasa manusia. Kematian Kristus menguntungkan orang berdosa oleh pengorbanan yang diadakan oleh Allah sendiri. Allah menunjukkan kasih-Nya kepada yang “lemah,” “durhaka”, “orang-orang berdosa,” dan yang memberontak pada-Nya. Nyata-nyata jelas terlihat bahwa dalam kasih Allah tidakada kualifikasi tertentu yang harus dipenuhi manusia. Tidak ada syarat harus ada kasih sebelumnya dari pihak kita. Allah mengasihi kita sebelum kita membuat sesuatu langkah kearah- Nya.

Ada yang menuliskan makna ayat diatas secara bebas: “I love you at your darkness” – “Aku (Allah) mengasihi engkau pada keberadaanmu paling gelap”

Kasih Allah bagi kita tidak didasarkan pada adanya sesuatu yang menarik dalam diri kita bagi Allah. Kita mencintai orang-orang karena mereka mencintai kita. Demikianlah kita mencintai sesama kita.

Tetapi bukan demikian Allah mengasihi kita. Dia tidak mengasihi kita berdasarkan apa yang kita lakukan atau bagaimana kita melakukannya. Dia tidak mengasihi kita hanya selama kita mengasihi Dia. Dia mengasihi orang berdosa “ketika kita masih berdosa” – tanpa syarat. Allah kita membuktikan hal itu dengan mengorbankan Anak-Nya bagi kita. Kasih-Nya tidak tergantung pada siapa dan apa kita.

Yoh 15:13 “Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.”
(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

http://versebyversecommentary.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s