Yakobus 3:16: Ketika ada iri hati dan mementingkan diri sendiri …

ayat_131027_jak 3 16“Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat”

Prinsip : Adalah mungkinkan menjadi seorang yang fanatik agama, tetapi menjadi trouble maker – pembuat onar dan tidak berguna.

Aplikasi : Kekristenan yang penuh gejolak terjadi ketika di dalamnya ada iri hati dan mementingkan diri sendiri namun hikmat yang alkitabiah membawa kita untuk mengasihi, damai dan sukacita . Iri hati dan mementingkan diri sendiri adalah kutub yang berlawanan dari anugerah kelemahlembutan dalam jiwa kita.

Iri hati mendorong keinginan mementingan diri sendiri. Perselisihan membawa pembenaran diri dan pengabaian akan kebenaran. Ia melahirkan kedengkian, kekacauan dan pertengkaran. Hal ini membuat hubungan ditengah persekutuan jemaat rusak dan rentan terhadap konflik.

Penilaian Allah akan hikmat adalah sangat berbeda dengan standar perilaku manusia. Jika kita menilai diri kita dengan standar manusia, kita terlihat baik. Jika kita menilai diri kita dengan standar Allah, kita melihat diri kita sendiri seperti keadaan kita yang sesungguhnya . Norma Allah bagi kehidupan memadamkan keinginan mementingkan diri sendiri dan dan keinginan lebih dari orang lain atau rivalitas di antara orang Kristen .

Ketika gereja masuk ke dalam konflik, mereka menunjukkan kepada semua orang bahwa mereka bekerja dengan hikmat manusia. Mereka menjadi pertemuan orang-orang yang menempatkan kepentingan diri sendiri terlebih dahulu. Mereka menyebabkan reputasi yang kurang baik bagi sesama orang Kristen di sekitar mereka. Mereka tidak peduli jika mereka merusak kesaksian gereja mereka. Keinginan mereka untuk benar diutamakan atas kesaksian Yesus Kristus kepada masyarakat sekitarnya. Dan setelah perpecahan gereja terjadi, semua pekerjaan pelayanan kedalam atau keluar tidak lagi menjadi yang utama dan kemudian dilantarkan.

Benarlah Firman diatas, “di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat

1 Kor 14:33 “Sebab Allah tidak menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera.
(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s