1 Korintus 2:10-11: Allah menyatakannya oleh Roh

ayat_131029_1kor2 10“Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. 11 Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.”

Prinsip: Allah menyampaikan, tepatnya, mengimpartasikan, hikmat-Nya secara adikodrati melalui Roh Kudus kepada penulis Kitab Suci.

Aplikasi: Firman Allah adalah berasal dari Allah sendiri. Dia menggunakan perantaraan manusia, tetapi Dia secara adikodrati mengendalikan penulisan setiap kata dari Kitab Suci sehingga sepenuhnya diilhami oleh Allah

Ada perbedaan antara wahyu dan ilham (inspirasi).

Wahyu adalah proses dimana Roh Kudus memberi isi pada  Kitab Suci, sedangkan inspirasi adalah proses pengendalian dari Roh Kudus untuk memastikan bahwa setiap kata dari Alkitab tanpa kesalahan dan akurat. Seperti dinyatakan dalam 2 Tim 3:16:

“Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. 17 Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”

(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s