1 Yohanes 5:14c: Meminta menurut kehendak-Nya

ayat_131120_pray_willofgod

“Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.”

Prinsip : Semakin baik kita mengenal kehendak Allah akan lebih baik kehidupan doa kita .

Aplikasi : Allah tidak menjawab semua yang kita kehendaki apapun itu. Kita berdoa dengan keyakinan tetapi juga harus berdoa sesuai dengan kehendak-Nya.

Bagaimana kita tahu kehendak-Nya? Kehendak-Nya ada dalam Firman-Nya. Itulah sebanya mengapa begitu sedikit doa kita dijawab. Ini fakta yang sangat jelas dan telanjang.

Banyak orang Kristen tidak mendapatkan jawaban doa sehingga mereka tidak mau lagi repot-repot untuk berdoa. Mereka hanya mereka percaya akan keberuntungan. Mereka merasa beruntung itu ketika hal yang diinginkan datang ke jalan hidup mereka.

Tuhan menjawab doa sesuai dengan standar tertentu. Sebagai contoh, kita harus meminta dalam nama Yesus ( Yoh 14:13; Yoh 15:16 ) dan berada dalam persekutuan dengan-Nya dan Firman-Nya tetap dalam kita (Yoh 15:7 ; 1 Yoh 3:22 ).

Persyaratan lain adalah memiliki keyakinan bahwa Allah mendengar dan merespon doa. Doa adalah sikap tunduk kepada kehendak Allah. Kita menyerahkan diri kita, kehendak kita, kepada kehendak Allah. Kita harus berdoa sesuai dengan kehendak Allah. Jika kita meminta sesuai kehendak Allah, Allah pasti menjawab doa kita. Kita membedakan kehendak Allah melalui Firman-Nya . Ada tiga jenis kehendak Allah :

  • Kehendak Allah yang tidak dapat dipengaruhi oleh apapun dan tidak berubah.
  • Kehendak Allah yang mengijinkan kita mendapat jawaban dengan syarat tertentu.
  • Kehendak Allah yang akan menolak permintaan doa kita.

Allah tidak memberikan kita blanko cek dalam doa. Dia menilai doa dengan kehendak-Nya . Jika apa yang kita doakan tidak seturut kehendak-Nya, Allah tidak akan menjawab doa kita karena kita tidak berada pada “panjang gelombang” -Nya. Doa kita keluar ada diluar dari kehendak Allah. Kita berdoa sesuai dengan kehendak kita, bukan kehendak Allah .

Matius 6:10, mengajarkan kita berdoa, “datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.”
(Dr. Grant C. Richison, versebyversecommentary.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s