Galatia 1: 11-17, Perjalanan Pemuridan

ayat_131129_Discipleship

Galatia 11 “…aku menegaskan … bahwa Injil yang kuberitakan itu bukanlah injil manusia. 12 Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan Yesus Kristus.” 

Setelah pertobatan Paulus, ia menghilang ke padang gurun selama tiga tahun, selama waktu Roh Kudus mengajarkan jalan Allah kepadanya. Kemudian baru dia muncul, siap untuk mengkomunikasikan kebenaran ilahi.

Tuhan berbicara kepada orang-orang percaya sehingga mereka akan memahami kebenaran, hidup sesuai dengan kebenaran, dan mengkomunikasikan kebenaran.

Langkah-langkah yang sama membentuk peta jalan untuk pemuridan. Apa yang terjadi selama tahun-tahun Paulus di gurun, itu hanya awal dari sebuah proses seumur hidup – Allah memperbaharui pikirannya dan mengubahnya menjadi seperti gambar Kristus. Untuk Rasul Paulus, perubahan tersebut dimulai dengan menghubungkan pengetahuannya yang kaya Alkitab kepada wahyu dan pengenalan bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah.

Paulus tahu Alkitab secara menyeluruh, tetapi kebenaran bahwa Yesus adalah Mesias yang dijanjikan membuatnya meninjau kembali fondasi yang dia telah percayai sebelumnya. Segala sesuatu yang ia tahu tentang Allah harus dievaluasi dalam terang pemahaman baru ini. Paulus memiliki sejarah yang ingin menyenangkan Allah, sehingga Roh Kudus tidak diragukan lagi menemukan dia seorang murid yang siap sedia.

Semangat rasul harus dibentuk sesuai dengan kehendak Bapa. Dan Allah terus bekerja dalam dirinya lama setelah Paulus meninggalkan padang pasir dan memulai pelayanannya.

Setiap orang yang membaca surat-surat Paulus adalah saksi pekerjaan Allah pada seseorang yang berserah .

Peta jalan pemuridan Tuhan kurang lebih sama bagi setiap orang percaya. Seperti Paulus, Anda seorang murid Roh Kudus, dan pengetahuan yang Anda dapatkan dari Alkitab harus mengubah hidup Anda. Jadilah seperti rasul Paulus dalam cara pemuridan dengan berbagi apa yang Anda pelajari dengan orang lain.
(Dr Charles Stanley , http://www.intouch.org)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s