Roma 3:21-26, Keadilan dan Rakmat Allah

ayat_131130_roma 3_21_26 he died for me

“23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, 24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus, … supaya nyata, bahwa Ia (Allah) benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.” 

 

 

Keadaan berdosa manusia mengedepankan kepada kita suatu dilema: Bagaimana Allah yang kudus, Allah yang benar dapat mengampuni dosa-dosa kita? Jika Dia berurusan dengan kita hanya atas dasar keadilan-Nya, setiap manusia akan menderita hukuman kekal murka-Nya, yang patut mereka terima karena dosa-dosa mereka. Tetapi jika Ia menunjukkan (hanya) belas kasihan dan bukan keadilan, tidak ada yang akan membayar hukuman dosa, dan Allah kemudian akan berhenti menjadi adil.

Hanya ada satu cara Allah bisa tetap setia pada sifat-Nya dan pada saat yang sama mengampuni dosa-dosa kita. Solusinya adalah untuk memenuhi keadilan-Nya dengan mencurahkan murka-Nya pada seorang pengganti. Kemudian hukuman atas dosa akan dibayar, dan Dia akan bebas untuk menunjukkan rahmat-Nya bagi orang-orang berdosa. Ini adalah satu-satunya rencana yang mengakomodasi kedua aspek sifat ilahi-Nya.

Jadi Kristus datang sebagai pengganti kita, Dia menanggung hukuman bagi dosa kita, memungkinkan kita untuk mengalami rahmat Bapa. Sekarang, dengan menempatkan iman di dalam Yesus Kristus, siapa pun dapat dibenarkan – yaitu, dinyatakan secara syah benar.

Rencana keselamatan Allah cukup sederhana bagi seorang anak untuk mengerti. Namun pada saat yang sama, kompleksitas transaksi yang terjadi di Kalvari jauh di luar pemahaman manusia. Meskipun kita mungkin tidak sepenuhnya memahami apa yang terjadi di sana, kita bisa tahu bahwa salib adalah kemungkinan “pertontonan” terbesar dari kasih Tuhan bagi kita.

Dapatkah Anda membayangkan biaya keselamatan Anda? Rencana agung dan megah dari Allah dan kerelaan berkorban Anak-Nya membuktikan nilai yang sangat besar kita di mata Allah. Dari sudut pandang-Nya, kita sesungguhnya layak menanggung semua kesakitan dan penderitaan yang diperlukan untuk menjamin keberadaan kekal kita dengan Dia di sorga.
(Dr Charles Stanley , http://www.intouch.org)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s