1 Korintus 1:1-9, Kekudusan: Hidup oleh hidup-Nya dalam kita

ayat_131203_to-live-is-christ

“1-2 Dari Paulus, … kepada jemaat Allah di Korintus, yaitu mereka yang dikuduskan dalam Kristus Yesus dan yang dipanggil menjadi orang-orang kudus, dengan semua orang di segala tempat, yang berseru kepada nama Tuhan kita Yesus Kristus,“

 

Banyak orang Kristen mengalami krisis identitas. Mereka tahu mereka diselamatkan, tetapi mereka tidak benar-benar tahu apa yang harus mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri. Mari kita ambila ujian kecil. Apakah Anda menganggap diri Anda sebagai orang berdosa yang diselamatkan oleh kasih karunia atau orang kudus yang kadang-kadang berdosa?

Kedua pernyataan tersebut benar, tapi yang pertama menyangkut pada identitas masa lalu Anda, sedangkan yang kedua berfokus pada persepsi Allah tentang Anda.
Jika Anda orang percaya, maka Firman Allah berkata bahwa Anda adalah orang kudus (ayat 2).

Tapi terlalu banyak dari kita masih melihat diri kita sebagai orang berdosa lama yang sama, yang sudah diampuni dan dibaharui namun pada dasarnya tidak berubah di dalam. Tetapi Tuhan mengatakan barang siapa ada di dalam Kristus “ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang (2 Kor 5:17). Itulah semua arti dilahirkan kembali. Kita tidak pernah bisa kembali ke jalan kita.

Solusi untuk krisis identitas ini adalah mengubah cara kita berpikir tentang diri kita sendiri. Jika tidak, kita akan bergantung pada bagaimana yang kita rasakan, dan Iblis akan membombardir kita dengan ingatan kegagalan dan dosa-dosa kita. Iblis ingin agar kita tetap fokus pada menjadi orang berdosa, karena ia tahu bahwa pengakuan kekudusan kita akan membawa kita untuk hidup seperti orang-orang kudus. Dengan mengobah cara pikir kita, kita akan termotivasi dan bersemangat untuk taat kepada Allah, dan Iblis akan kehilangan pijakan dalam hidup kita.

Yesus tidak datang hanya untuk menyelamatkan Anda dari neraka, Dia ingin kita hidup oleh hidup-Nya dalam kita. Di dalam Kristus, Anda memiliki identitas baru yang menggantikan hidup lama Anda.

Jika Anda akan fokus pada siapa Anda sekarang (didalam Kristus), tindakan Anda akan mengikuti, dan Anda akan mengalami kenikmatan kehidupan Kristen yang berkemenangan.
(Dr Charles Stanley , http://www.intouch.org)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s