1 Korintus 12:4-11, Allah yang mengerjakan melalui kita

ayat_131206_lord of harvest

“4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. 5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. 6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. 7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama ….. 11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.” 

Dewasa ini tidak sedikit pandangan yang salah atau palsu bahwa pengkhotbah adalah hamba Tuhan dan orang-orang di bangku gereja hanya anggota. Tidak ada yang hanya merupakan pengamat dalam kerajaan Allah! Semua orang percaya menjadi mitra atau teman sekerja Tuhan (2 Kor 6:1).

Allah memilih untuk bekerja melalui manusia untuk mencapai misi Injil di bumi. Untuk meminjam metafora alkitabiah, kita adalah penabur dan penuai di ladang-Nya (Matius 9:37-38).

Allah memberikan satu atau lebih karunia rohani untuk setiap orang percaya untuk membantu dalam pekerjaan bagi kerajaan-Nya. Kita masing-masing perlu perlengkapan khusus ini untuk melaksanakan peran unik dalam rencana-Nya. Dia merajut karunia rohani tersebut dalam kepribadian dan talenta bawaan kita untuk membentuk hamba yang berguna dan efektif. Dan perlu jelas bagi kita, bahwa tidak ada yang disebut orang percaya yang tidak punya bakat atau talenta.

Orang-orang percaya adalah “buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik (Efesus 2:10 ). Karunia rohani bukanlah kemampuan kita sendiri. Roh Kudus memanifestasikannya ( karunia-karunia tersebut) melalui kita. Ingat, adalah adalah makanan dari pokok anggur yang mengalir berjalan ke cabang-cabang yang menghasilkan buah (Yohanes 15:5).

Dengan cara yang sama, Roh tinggal dan bekerja melalui pengikut Tuhan untuk mendatangkan kerinduan dan kemauan pelayanan. Kuasa Tuhan ada di balik semua itu. Pikirkanlah hal itu, ketika Anda tergoda untuk menghindar dari kesempatan yang diberi Tuhan.
Kuasa Tuhan yang luar biasa hadir dalam dan tersedia bagi setiap orang percaya. Roh Kudus memperlengkapi kita untuk mentaati Tuhan dalam apapun kemana Dia memanggil kita untuk melayani.

Jangan menyia-nyiakan hidup Anda hanya jadi pengunjung gereja! Turut sertalah dalam pelayanan dan karunia rohani akan melengkapi Anda. Ladang dunia ini “sudah menguning dan matang untuk dituai “ (Yohanes 4:35).

(Dr Charles Stanley, http://www.intouch.org)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s