1 Korintus 2:6-16, Hikmat Allah dinyatakan

ayat_131213_1kor2_ wisdomofgodrevealed

“10 …. sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. 12 Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita.”

Setelah mengungkapkan kesia-siaan pemikiran duniawi dalam 1 Korintus 1, Paulus memperkenalkan Kekristenan ke alam yang lebih tinggi yaitu hikmat ilahi – pengetahuan dan pemahaman yang tidak diperoleh melalui kecerdasan dan penalaran manusia, tetapi yang hanya diperoleh melalui penyataan ilahi. Hanya mereka yang didiami oleh Roh Allah memiliki “pikiran Kristus” (ay 16) dan jalan masuk ke “hal-hal yang dikaruniakan Allah” kepada mereka (ay 12).

Tanpa pemahaman supranatural ini, tidak seorangpun yang sunguh-sungguh dapat mengenal Allah atau jalan-jalan-Nya. Banyak orang mengatakan bahwa mereka percaya pada Tuhan namun mungkin tidak memiliki pemahaman yang benar tentang Dia karena pemahaman mereka didasarkan pada pikiran dan ide-ide mereka sendiri. Adalah lebih mudah untuk menciptakan ilah buatan sendiri sesuai pilihan kita daripada untuk membuka diri bagi yang tuntutan bagi penyembahan Allah yang benar sesuai firman Tuhan.

Bahkan orang-orang percaya perlu berjaga terhadap godaan untuk membuat Tuhan sesuai dengan citra menurut pemikian atau gagasan sendiri tentang Dia.

Alkitab adalah satu-satunya sumber yang dapat diandalkan bagi penyataan ilahi, tetapi kita harus berhati-hati untuk membaca dan memahami Alkitab secara kontekstual dan menyeluruh.

Hal ini penting karena ada bahaya kita hanya mengambil dan memilih ayat-ayat sesuai selera kita atau yang kita ingin percayai. Misalnya, dengan hanya fokus pada ayat-ayat yang menekankan kasih setia Tuhan, sementara menjauhkan ayat-ayat yang berbicara tentang kesucian dan keadilan-Nya, hal mana akan membaut kita salah mengerti sifat sejati Allah.

Mari kita berusaha untuk mengenal Allah dengan benar dengan memperhatikan konteks pesan Alkitab secara menyeluruh.
Hikmat ilahi tersedia untuk setiap orang percaya melalui Roh Kudus, yang mengetahui dan menguji hal-hal terdalam “yang terdapat di dalam diri Allah.

Semoga kita tidak pernah mencoba untuk membatasi-Nya agar sesuai dengan pilihan atau selera kita. Sebaliknya, kiranya Allah membuka selebar-lebarnya pikiran kita untuk dapat memahami pikiran-Nya .

(Dr. Charles Stanley,  www.intouch.org)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s