Epesus 1: 11-22, Hidup Sebagai Ahli Waris Allah

ayat_131217_ep 1 18

“17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, … supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. 18 Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus,”

Kata “warisan” biasanya mengingatkan kita akan uang dan harta yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Tetapi Allah memiliki warisan yang lebih besar untuk diberikan pada anak-anak Nya pada saat mereka memasuki keluarga surgawi Allah.

Galatia 4:7 menyatakan bahwa orang percaya adalah ahli waris Allah. Pertama-tama, di antara harta kita yang tak ternilai harganya adalah “hidup yang penuh pengharapan” dalam Yesus Kristus, “yang tidak dapat binasa, yang tersimpan di sorga bagi kamu.” (1 Petrus 1:3,4).

Bahkan, Dia berjanji untuk “memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.” (Fil 4:19). Dengan kata lain, kita memiliki semua yang kita butuhkan untuk hidup berkelimpahan dan berkemenangan.

Namun, ada banyak orang terjebak dalam kemiskinan rohani karena mereka menolak untuk melihat diri mereka telah diangkat sebagai anak dan pewaris Allah. Karena gagal melihat dan mengambil apa yang telah disediakan bagi mereka, mereka seperti orang yang melihat dirinya miskin, mahluk berdosa: ia mengembara melalui dunia yang jahat ini sambil berharap dengan iman yang ada untung-untungan kalau mati masuk surga. Tentu saja orang seperti ini kehilangan berkat-berkat yang tersedia dalam kehidupan ini, karena dia tidak mendapatkan apa yang sudah disediakan Allah bago orang percaya.

Betapa berbeda orang melihat diri mereka ketika mereka melihatnya seperti Yesus melihatnya. Orang-orang Kristen yang hidup seperti orang-orang yang terkasih, yang melihat dan menyadari diri mereka sebagai akhli waris yang akan menggunakan angerah kekayaan warisan mereka untuk menjadi berkat bagi semua orang yang mereka temui.

Allah memberikan semua orang percaya janji warisan dari “kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah” (Ep 2:7). Kita secara rohani adalah warga surga yang kaya, yang tidak perlu takut di dunia ini. Pilihlah hidup dengan berani bagi Kristus, dan lihatlah bagaimana Allah mencurahkan berlimpah berkat-Nya dari warisan yang sudah disediakan untuk Anda.

(Dr. Charles Stanley, http://www.intouch.org)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s