Ibrani 6:13-20, Pengarapan: adalah jangkar bagi jiwa kita

ayat_140103_god-is-love-and-love-is-our-anchore

“Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita” – Ibrani 6:19

Pengharapan adalah sikap yang sehat. Mengantisipasi kebaikan membawa kenyamanan bagi pikiran dan hati. Sebaliknya, keadaan putus asa adalah suatu kondisi yang mengerikan di mana kita sulit untuk menemukan diri kita sendiri.

Hal yang luar biasa dan menyedihkan untuk memikirkan bahwa apa yang Anda hadapi tidak dapat diubah atau diselesaikan. Bagi orang yang telah kehilangan semua pengharapan, kehidupan tampak seperti terowongan panjang gelap ke mana-mana.

Termasuk dalam Amsal terdapat ayat yang menggambarkan hasil dari perasaan yang menekan ini: “Harapan yang tertunda menyedihkan hati” (Amsal 13:12). Penyakit emosi, fisik, dan bahkan penyakit mental menghantui orang yang merasa terjebak dalam situasi yang gelap.

Tetapi saya ingin memberitahu Anda, bahwa selama Tuhan ada dekat, tidak ada situasi tanpa harapan. Di dalam Dia, kita memiliki janji pada lanjutan ayat tersebut: “keinginan yang terpenuhi adalah pohon kehidupan“.

Orang-orang percaya memiliki pengharapan yaitu “sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita”. Hubungan kita dengan Yesus Kristus membawa kita dekat dengan tahta surga, di mana kita dapat hempaskan semua beban kita didepan Allah mahakuasa.

Selain itu, kita dapat berpegang teguh kepada-Nya melalui cobaan apapun yang kita hadapi. Karena kasih dari Tuhan yang besar, Dia memberikan kekuatan bagi tubuh yang lelah, damai sejahtera bagi pikiran yang cemas, dan kenyamanan bagi hati yang duka.

Singkatnya, Dia menerangi terowongan yang gelap dan dengan lembut membimbing kita melalui situasi yang susah.

Sauh atau jangkar adalah gambar populer di dunia Mediterania kuno. Dalam perekonomian yang bergantung pada pelayaran, jangkar melambangkan keamanan dan keteguhan hati. Penulis Ibrani menggunakan kata ini untuk mengingatkan orang-orang percaya bahwa Allah telah memberikan harapan yang berahan teguh dalam badai apapun.
(Dr Charles Stanley, http://www.intouch.org)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s