1 Korintus 6:19-29 Tubuh Yang Sehat

ayat_140106_1 kor 6 19 20

Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? – 1 Korintus 6:19-29

Kita semua tahu ada hubungan tak terbantahkan antara kesehatan dan kemampuan untuk mencapai potensi kita sepenuhnya. Kita mungkin berupaya keras untuk memiliki hati yang bersih, pikiran yang jernih , dan kegiatan yang seimbang, tetapi tanpa tubuh yang sehat, kita tidak akan bisa melakukan yang terbaik.

Dan kesehatan yang baik akan ditingkatkan ketika kita mulai berpikir tentang tubuh kita dengan cara yang Tuhan kehendaki. Dalam pasal keenam 1 Korintus, Rasul Paulus mengajarkan bahwa tubuh kita adalah milik Allah yang hidup (ay 19-20).

Akibatnya, kita semua harus membuat keputusan: Apakah aku akan memelihara tubuh saya, atau saya akan tidak memperdulikannya atau menyalahgunakannya?

Tak satu pun dari kita akan masuk ke dalam gereja dan sengaja membuat keonaran besar, melumuri cat merah atau hitam disana-sini. Kita tidak akan melakukan itu , karena kita menghormati gedung gereja sebagai tempat di mana orang menyembah Allah.

Dengan gambaran tersebut dalam benak kita pikirkanlah ini: Tubuh manusia, karena didiami oleh Roh Kudus, jauh lebih penting daripada rumah ibadah yang ada.

Namun demikian, orang sering menganggap bahwa tidak memperdulikan tubuh kita atau memperlakukan semaunya tubuh kita adalah hak prerogatif kita sendiri. Apakah ini masalah penyalahgunaan zat terlarang, aborsi, atau kebiasaan yang tidak sehat, banyak orang akan berkata, ” Inilah tubuhku. Saya bisa melalukan apa pun yang saya inginkan dengan tubuh saya.”

Tetapi seperti yang kita baca dalam Alkitab, tubuh Anda tidak milik Anda. Meskipun Anda dapat melakukan seperti yang Anda mau, Anda akan membayar harga untuk keputusan yang salah.

Dosa memiliki konsekuensinya, dan berbuat dosa terhadap tubuh dapat menimbulkan hukuman yang berlangsung seumur hidup bahkan sampai generasi yang berikutnya.

Mintalah Tuhan untuk membantu Anda memandang tubuh Anda sebagai Dia memandangnya sehingga Anda akan memeliharanya sebagiamana seharusnya sesuai kehendak Tuhan.
(DR Charles Stanley – In Touch Ministries)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s