Kita Berjalan dengan Iman, Bukan dengan Penglihatan

ayat_140107 1 kor 5_7

“sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat” 2 Korintus 5:7 

Penulis Alkitab yang diilhami oleh Roh Kudus ini tidaklah sembarangan menggunakan frasa “berjalan dengan iman” (walk by faith, KJV). Tiga kata tersebut dituliskan untuk suatu tujuan. Perhatikan bahwa Alkitab tidak memberitahu kita untuk “berlari dengan iman”, tetapi “ berjalan dengan iman”. Berjalan berarti terus-menerus, dengan gerak teratur, seperti Alkitab saksikan tentang Henokh yang “hidup bergaul dengan Allah” (Kej 5:22).

Banyak orang percaya merasa memiliki cukup kekuatan. Selama beberapa bulan, mereka lari. Kemudian mereka jatuh. Lalu mereka belajar apa artinya berjalan dengan Allah.

Tentu saja, sebagian besar dari kita suka hal yang serba cepat. Makanan malam disiapkan hanya sekejap berkat microwave. Untuk informasi ada e-mail, telepon seluler, dan pesan instan. Kita memiliki begitu banyak teknologi untuk membuat hidup kita sedikit lebih mudah dan, yang paling penting, cepat. Kemudian, ketika kita sampai pada kehidupan Kristen, kita pikir dapat dicapai juga dengan jalan pintas. Tidak.

Ini dia jawabnya: “Orang benar akan hidup oleh iman.” (Roma 1:17). Ini disini tidak ada jalan pintas tapi proses hari-demi-hari.

Alkitab menyatakan bahwa orang benar akan hidup oleh iman – bukan dengan perasaan, bukan dengan emosi, bukan dengan rasa takut, bukan dengan kekhawatiran – dengan iman .

Kadang-kadang dari pengalaman kita menemukan bahwa sepertinya tidak ada terjadi pertumbuhan rohani kita. Ada kalanya kita benar-benar tidak merasa kita berubah, karena ketika kita melihat diri kita setiap hari, kita tidak melihat perubahan apapun. Tapi sementara kita berjalan dengan iman hari demi hari, bulan demi bulan, dan tahun demi tahun, kita sedang diubahkan – ditrasnformasi oleh Tuhan.

Kolose 2:6 memberitahu kita, “Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia….. berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.”
(Greg Laurie – Harvest Ministries)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s