Alasan Mengapa Kita Perlu Berdoa (2)

ayat_140112_doa

Sering ditanyakan, mengapa kita harus berdoa? Bukankah Tuhan sudah tahu hati kita, sudah tahu yang perlu bagi kita?

Kemarin kita sudah melihat dua alasan: Pertama, kita berdoa karena kita ingin mengenal Tuhan lebih penuh, kita ingin mengenal Dia dalam segala kemuliaan-Nya. Kedua, kita berdoa untuk mengenali hati kita sendiri lebih dalam, mengenali keberdosaan kita dihadapan Tuhan, yang sungguh tidak layak dan hanya dapat hidup dari kasih karunia Tuhan.

Kita lanjutkan, yang ketiga, Kita berdoa sebagai wujud nyata bahwa kita mengasihi Tuhan.

Suatu bukti hubungan cinta adalah kita menikmatinya setiap kali. Jika saya mengatakan ” Saya mencintai istri saya,” tetapi tidak pernah berbicara dengannya, ada kemungkinan bahwa saya tidak mencintainya. Jika saya sungguh mencintainya, maka saya selalu ingin berbicara dengan dia, menghabiskan waktu dengan dia, dan merindukannya.

Inilah sebabnya mengapa kita melihat Yesus dalam ayat-ayat seperti Markus 1 , “Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.” Yesus mengasihi Bapa. Bapa mengasihi Dia, sehingga Ia ingin mengambil waktu berbicara dengan-Nya bahkan sebelum hari dimulai.

Keempat, kita berdoa karena rasa syukur. Jakobus mengatakan, “Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang;” ( Yakobus 1:17). Paulus berkata di Filipi, “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” (Filipi 4:6).

Seperti seorang kusta yang kembali kepada Yesus, kita harus kembali ke waktu Allah setiap kali mengucap syukur. Semua yang kita telah diberikan, semua yang telah kita terima, adalah pemberian dari tangan-Nya.

Doa menunjukkan dan menjadi sarana bagi kita mempersembahkan rasa syukur kita.
(Jason Helopoulos, penulis buku “A Neglected Grace: Family Worship in the Christian Home.” dalam “9 Reasons to Pray”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s