1 Yohanes 5:14-15 – Mencari Kehendak Tuhan

ayat_140116_CS-Lewis-God-will-make-us-good

“Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.” – Yohanes 5:14

Orangtua melatih anak-anak mereka untuk melakukan banyak tugas – dari mengetahui pakaian yang cocok sampai penanganan uang.

Mungkin keterampilan yang paling penting yang dapat kita ajarkan pada anak-anak kita adalah bagaimana mencari dan mematuhi pimpinan Tuhan.

Sungguh suatu berkat besar bahwa Bapa surgawi kita yang Mahatahu dan Perkasa sedia untuk menyatakan jalan-jalan-Nya kepada kita. Dia ingin mengungkapkan apa yang harus dilakukan dalam setiap situasi. Bahkan, Dia berjanji ini: “Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.” (Mazmur 32:8). Mari kita mengeksplorasi bagaimana membedakan kehendak Allah di setiap pesimpangan jalan hidup.

Langkah pertama adalah untuk memastikan bahwa kita telah bertobat dari segala dosa. Mendengarkan Allah sambil membiarkan dosa dalam hati kita seperti menggunakan kompas berkabut dan tidak terbaca. Setelah mengakuinya dan bertobat, kita dapat meminta tuntunan-Nya.

Selanjutnya, kita harus membaca Alkitab secara teratur dan menyelidikinya dengan hati yang mencari dan terbuka. Alkitab adalah seperti pelita bagi kaki kita dan terang bagi jalan kita (Mazmur 119:105).

Langkah terakhir menyangkut Roh Kudus dari Allah yang mendiami kita – pemberian yang indah dari Bapa surgawi kepada setiap anak-anak-Nya. Roh menyatakan kebenaran dan memberikan bimbingan pada daat kita membaca Firman Tuhan dan berdoa . Kita harus mendengarkan pimpinan-Nya dengan sabar, yang sering dikomunikasikan diam-diam ke hati kita ketika kita menyediakan waktu bersama-Nya.

Ketika kita meminta Tuhan untuk mengungkapkan kehendak-Nya, kita jangan mengharapkan jawaban instan. Disiplin menunggu (Tuhan) membangun karakter, dan selain itu, memaksakan kehendak kita mendapat jawaban dapat menyebabkan kita kehilangan jalan Tuhan yang terbaik.

Luangkanlah waktu untuk mencari rencana atau kehendak Yesus untuk hidup Anda, dengan mengingat bahwa Dia akan menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk mengikuti-Nya.

(Dr Charles Stanley, http://www.intouch.org)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s