Yeremia 17:5-8 – Bertumbuh Menjadi Pohon “Tanaman Tuhan”

ayat_140121_yes61_3

“Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.” – Yeremia 17:7-8

Biji pohon tarbantin (Inggris, oak) membutuhkan zat makanan dan waktu untuk bertumbuh menjadi pohon yang tinggi dan dikenal kokoh. Demikian juga, keyakinan percaya berkembang secara bertahap melalui mempelajari Alkitab dan berdoa dengan tekun dan “commited”.

Siapkah untuk bertumbuh secara mendalam dan kokoh dalam kebenaran alkitabiah? Berikut caranya:

Buatlah daftar masalah yang Anda butuhkan untuk bertumbuh. Berikut adalah pertanyaan untuk membantu Anda memulai: Apakah Anda menganggap Alkitab benar dan dapat dipercaya? Apakah Anda berpikir bahwa percaya kepada Yesus Kristus adalah satu-satunya cara untuk diselamatkan? Apakah peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya dan orang tidak percaya? Apakah kita mengampuni orang lain dalam setiap situasi? Bagaimana orang Kristen harus bersikap dalam keuangan? Apa tujuan hidup Anda? Apa peran Anda dalam gereja dan di tempat kerja? Bagaimana seharusnya Anda bersikap dan bertindak mengenai isu-isu sosial seperti aborsi dan rasisme?

Ini adalah harapan saya bahwa pertanyaan-pertanyaan diatas membuka mata mereka yang belum merenungkan bagaimana filosofi pribadi mereka selama ini berkembang.

Sudah waktunya untuk berubah dan meninggalkan hal itu. Pelajarilah Alkitab dan buatlah Firman Allah sebagai landasan pemikiran Anda. Sebuah konkordansi Alkitab akan mengarahkan Anda ke ayat-ayat yang berhubungan dengan topik bersangkutan. Lihat dan evaluasilah segala sesuatunya dari apa yang Alkitab katakan, bukan berdasarkan suka atau tidak suka. Tanyakan, apa yang Tuhan katakan dan kehendaki dalam hal ini? Bukannya berdasarkan kehendak atau kesukaan Anda.

Setelah Anda tahu apa yang Tuhan katakan dan kehendaki, Anda memiliki pilihan untuk diambil: Percaya akan Dia dan berkomitmen untuk hidup sesuai dengan Firman-Nya, atau terus terombang-ambing oleh gelombang keraguan dan kebimbangan (Yakobus 1:6).

Berakarlah dalam Firman Allah dan menjadi “pohon tarbantin kebenaran”, “tanaman TUHAN” untuk memperlihatkan keagungan-Nya.” (Yesaya 61:3 )
(Dr. Charles Stanley, In Touch Ministries, http://www.intouch.org).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s