1 Petrus 2:25 – Seperti Domba

ayat_140122_domma sesat

“Sebab dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu.” – ( 1 Petrus 2:25)

 
Pada lebih dari satu kesempatan, Alkitab membandingkan orang Kristen dengan domba. Saya khawatir banyak yang benar-benar kurang dapat menerima hal itu, karena domba bukan hewan paling cerdas di bumi. Pasti lebih menyenangkan jika Tuhan membandingkan kita dengan lumba-lumba – yang dikenal pintar.

Saya pernah punya kesempatan berbicara dengan seorang pelatih lumba-lumba. Saya bertanya kepadanya, “Apakah lumba-lumba benar-benar secerdas seperti sering tampak dalam pertunjukan? “
Ia mengatakan, “Dalam beberapa hal , “ya”, dan dalam beberapa hal , “tidak”. Lumba-lumba sangat cerdas dalam banyak hal karena dapat membaca simbol dan memahami apa artinya.” Itu menakjubkan bagi saya.

Tetapi Yesus tidak membandingkan kita dengan lumba-lumba. Dia membandingkan kita dengan domba. Dan domba adalah termasuk hewan terbodoh diantara yang lainnya. Domba lemah, mudah ketakutan, tidak dapat lari dengan cepat, dan tidak punya cara apapun untuk membela diri. Terlebih lagi, domba membutuhkan perawatan dan perhatian yang teratur. Domba dikenal mengikuti iringan kelompoknya bahkan ketika kematian datang. Telah didokumentasikan bahwa jika salah satu domba berjalan menyusur tebing, yang lain akan mengikuti.

Alkitab mengatakan, “Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.” (Yesaya 53:6).
Inilah yang terjadi dengan kita. Lihatlah berapa banyak orang yang telah terjerat ke dalam kebohongan yang sama , dari generasi ke generasi. Mereka terjatuh ke dalam kotoran atau sampah yang sama, kecanduan sama, dan perangkap yang sama, lagi dan lagi.

Kita seperti domba. Itu adalah fakta.

Pertanyaannya adalah, apakah Anda akan menjadi domba pintar atau yang bodoh? Domba yang pintar tinggal dekat dengan Gembala Yang Baik, Yesus, dan itulah tempat dimana kita semua seharusnya ada.

(Greg Laurie Daily Devotions)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s