Hakim-hakim 16:1-24 – Kelemahan Yang Tidak Terkendali

ayat_140123

 

Kitab Hakim-hakim bercerita tentang seorang pria bernama Simson, yang begitu kuat, yang bisa membunuh seekor singa dengan tangan kosong (ps 14:5-6). Ia memiliki kekuatan fisik yang tidak dapat tertandingi saat itu. Tapi kekuatan tersebut ada artinya bagi kelemahan batinnya.

Semua kita memiliki kelemahan. Tuhan ingin dengan kelemahan karakter ini untuk menunjukkan kepada kita bagaimana benar-benar kita tergantung kepada-Nya. Ketika kita “menangani” kelemahan ini dengan benar, mendorong kita ke dalam hubungan yang lebih dalam dan lebih intim dengan Tuhan. Tapi kelemahan yang tidak terkendali dapat menenggelamkan kehidupan seseorang.

Titik lemah Simson dan menjadi sasaran musuhnya adalah nafsu yang tak terkendali. Meskipun ia dibesarkan di rumah yang saleh dan memiliki panggilan yang jelas dalam hidup, ia menyerah hidupnya pada keinginannya dan dengan sengaja melanggar kebenaran yang sangat dikenalnya. Meskipun ada larangan baginya, “seorang nazir Allah”, melibatkan diri dengan perempuan asing, Simson pergi kepada pelacur di Gaza (16:1). Kemudian, ia bertemu dengan seorang wanita bernama Delila, dan meskipun motif perempuan itu jelas-jelas berbahaya, Simson menyerahkan diri – hati, pikiran, dan jiwa untuk kesenangan seksual. Dia begitu terbelenggu pada dosa sehingga ia akhirnya hal itu mendikte tindakannya, bahkan dengan harga hidupnya sendiri.

Sebelum meninggal, Simson kehilangan segalanya : kekuatannya , penglihatan , dan kehormatan . Pria yang pernah memimpin negaranya dengan kekuatannya menjadi budak musuh-musuhnya (ayat 18-25).

Apa kelemahan Anda? Apakah hawa nafsu, rasa tidak aman, takut, serakah, gosip, atau kesombongan? Kelemahan kepribadian dapat menjadi motifasi yang kuat untuk kebaikan atau sebaliknya, hal yang buruk, tergantung pada respon kita. Sebuah kecenderungan untuk dosa dapat merusak hidup Anda – seperti yang terjadi dengan Simson – atau mendorong Anda untuk menyatakan ketergantungan pada Allah.

Pilihannya, yang mana, ada pada Anda.

(Dr. Charles Stanley,In Touch Ministries, http://www.intouch.org).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s