Efesus 5:17-18 – Dipenuhi dan Dikendalikan oleh Roh

ayat_140127

“Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh, – ( Efesus 5:17-18)

Ketika kita berpikir tentang “penuhi oleh Roh”, kita sering menghubungkannya dengan pengalaman emosional atau perasaan euforia. Namun dalam kenyataannya, kata diisi dapat diterjemahkan “dikendalikan oleh. ” Ini adalah sebuah kata yang berbicara tentang apa yang terjadi ketika angin menerpa layar dari perahu dan mengendalikannya. Jadi Tuhan berkata bahwa kita harus membiarkan Roh-Nya memenuhi kita dan mengendalikan hidup kita.

Hal lain yang menarik tentang kata ini adalah bahwa dalam bahasa aslinya, kata itu berbicara tentang sesuatu yang harus dilakukan secara terus menerus. Jadi Anda bisa menerjemahkan kalimat ini, “Senantiasalah dipenuhi dengan Roh.”

Ini bukan peristiwa satu kali. Sebaliknya, itu adalah sesuatu yang terjadi lagi dan lagi, seperti kita berulang kali mengisi bensin di mobil kita agar tetap bisa jalan.

Tuhan ingin untuk mengisi kita dengan Roh-Nya. Adalah suatu hal yang besar untuk mengatakan setiap hari, “Tuhan, penuhilah aku dengan Roh-Muda . . . ya Tuhan, penuhilah aku setiap kali.”
Anda mungkin memiliki pengalaman emosional, atau Anda mungkin tidak. Tapi soa pengalaman seperti itu sangat sedikit hubungannya dengan realitas dipenuhi dengan dan dikendalikan oleh Roh.

Satu hal lain tentang ungkapan dari Efesus 5:18 ini adalah bahwa itu adalah perintah, bukan saran. Alkitab tidak mengatakan, “Jika ada waktu Anda, jika Anda tidak keberatan, pertimbangkanlah untuk mengizinkan diisi oleh Roh Kudus dan mengendalikan Anda? ” Tidak, di dalam Efesus 5:18 Tuhan memerintahkan kita dipenuhi dengan Roh Kudus.

Tuhan tahu betul bahwa hubungan intim dengan diri-Nya akan membawa kita dalam pemenuhan dan kebahagiaan terbesar dalam hidup kita yang kita tiak pernah bisa tahu sebelumnya.
(Pdt Greg Laurie, Harvest Minsitries, http://www.harvest.org)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s