Matius 22:37-39 – “Paus Mengejar Sarden”

ayat_140204

“Jawab Yesus kepadanya: Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” (Matius 22:37-39)

Beberapa tahun yang lalu, tiga ratus ikan paus ditemukan terdampar di pantai. Para ilmuwan berspekulasi bahwa ikan paus mengejar sarden dan terjebak di perairan dangkal ketika pasang turun. Sekarang, itu hal yang luar biasa. Dengan mengejar sarden kecil, makhluk-makhluk raksasa ini akhirnya menyebabkan kehancuran mereka sendiri.

Banyak orang menyia-nyiakan hidup mereka “mengejar sarden”. Mereka mengkhawatirkan hal-hal kecil dan tidak memiliki fokus atau tujuan yang jelas dalam pikiran mereka.

Tapi Tuhan memberitahu kita apa yang harus menjadi tujuan utama dari setiap orang Kristen. Jika kita bisa menaruh prioritas kita pada tujuan utama ini, segala sesuatu yang lain akan jalan dengan sendirinya. Bahkan, jika kita bisa mendapatkan kedua prinsip ini berlaku dalam kehidupan kita, maka semua perintah-perintah Allah akan menjadi aliran alami dari komitmen kita kepada-Nya. Apa prinsip-prinsip tersebut? Pertama, “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. ” (Matius 22:37), dan kedua, “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” (ayat 39).

Ketika Yesus berbicara tentang ayat tersebut, Ia menunjukkan apa yang harus menjadi fokus dari setiap orang. Pada dasarnya, Dia mengatakan bahwa kasih adalah dasar untuk semua ketaatan. Jika Anda benar-benar mengasihi Tuhan, maka Anda secara natural akan ingin melakukan hal-hal yang menyenangkan Dia.

Pernah dikatakan bahwa jika Anda bertujuan pada sesuatu yang tidak jelas, Anda akan pernah tau mencapai sesuatu atau tidak.

Apakah prioritas tertinggi Anda dalam hidup? Apakah tujuan Anda? Kita semua mencurahkan energi dan hasyrat dan pikiran terhadap sesuatu dalam hidup. Bagi Anda hidup itu untuk apa?
(Pdt Greg Laurie, Harvest Ministries, http://www.harvest.org)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s