Sindroma Yohanes 21:3 – Jala Kosong – Ketika Tuhan membiarkan Kita Gagal

ayat_140205

“Kata Simon Petrus kepada mereka: ‘Aku pergi menangkap ikan.’ Kata mereka kepadanya: ‘Kami pergi juga dengan engkau.’ Mereka berangkat lalu naik ke perahu, tetapi malam itu mereka tidak menangkap apa-apa. (John 21:3)

 

Itu saat déjà vu bagi para murid. Mereka telah memcari ikan sepanjang malam di Danau Galilea dan tidak mendapat apa-apa. Tuhan telah bangkit dan telah menampakkan diri kepada beberapa murid. Tidak ada perintah yang jelas, sehingga mereka pikir mereka akan kembali ke pekerjaan mereka sebelumnya: nelayan.

Saat itu pagi-pagi sekali, mungkin masih gelap. Mereka melihat sosok yang berdiri di pantai. “Kata Yesus kepada mereka: “Hai anak-anak, adakah kamu mempunyai lauk-pauk?” Jawab mereka: “Tidak ada.” (Yohanes 21:5).

Di dalam Alkitab, Allah sering menanyakan pertanyaan-pertanyaan menyelidik ketika Dia ingin pengakuan. Dengan cara yang sama, Yesus bertanya pada murid-murid-Nya, “Apakah kalian punya hasil tangkapan? Apakah kalian berhasil? Apakah hal-hal terjadi dengan cara yang kalian harapkan? Apakah kalian puas? “

Mengapa Yesus ingin mereka mengakui kegagalan mereka? Dengan demikian Dia dapat membawa mereka ke tempat kemana mereka seharusnya ada.

Ketika mereka membuang jala di sisi kanan perahu seperti Yesus perintahkan kepada mereka, jala mereka menjadi begitu berat dengan ikan sehingga mereka tidak bisa menariknya masuk.
Tuhan sedang mengajar murid-murid sebuah pelajaran penting: Kegagalan sering menjadi pintu keberhasilan nyata.

Kita juga perlu sampai ke titik tersebut dalam kehidupan kita. Kita perlu datang dan berkata, “Tuhan, saya tidak puas dengan cara hidup saya saat ini. Saya bosan menjalaninya dengan cara saya. Saya ingin menjalaninya dengan cara Tuhan.”

Jika Anda akan datang kepada Allah seperti itu, Dia akan membuat kita mengerti dan mengalami pengampunan-Nya. Kemudian Dia akan mengambil hidup Anda dan mengubahnya dengan cara yang Anda tidak pernah bisa bayangkan.

(Pdt Greg Laurie, Harvest Ministries)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s