Yohanes 3:17-18 – Telah berada di bawah hukuman

ayat_140224

 

Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.” – Yohanes 3:18

Sebagai masyarakat  modern, kita adalah orang-orang yang mengutamakan hak-hak kita. Kita sangat protektif kalau sudah bicara kebebasan kita, bahkan ketika hal itu mungkin membawa kerugian daripada kebaikan.

Hal itu juga bisa benar untuk hal-hal rohani. Misalnya, memperjuangkan yang “hak” untuk menolak rencana keselamatan Allah meninggalkan seseorang dalam kondisi terhukum .

Dr. Charles Stanley mengatakan, “Saya telah sering mendengar kalimat berikut ini dalam tahun-tahun pelayanan saya: “Saya tidak percaya Tuhan akan menghukum saya ke neraka.” Saya setuju, kata Stanley, tapi tidak dimaksudkan dengan makna bahwa seseorang layak masuk surga atas dasar perbuatan baiknya sendiri. Memang benar bahwa Tuhan tidak menghukum orang ke neraka. Tuhan memberikan kemungkinan mereka untuk memilih tujuan kekal bagi diri mereka. Mereka memiliki hak untuk memilih.

Tuhan berkata bahwa “barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.” – (ay. 18 ). Dengan kata lain, dengan menolak — atau sopannya mengabaikan — kebutuhan mereka akan Juruselamat, orang-orang telah memilih untuk tidak diselamatkan dan diampuni . Alkitab mengajarkan bahwa akan ada suatu hari penghakiman, tetapi Tuhan telah menetapkan bahwa  orang-orang percaya “menerima Kerajaan yang telah disediakan bagi sejak dunia dijadikan” (Matius 25:34-46). Seseorang yang tidak bertobat tidak dihukum oleh Tuhan, melainkan telah memilih untuk tetap di kelompok orang-orang  yang dihukum oleh kehendak bebas mereka sendiri .

Allah menginginkan agar semua orang sampai pada pengenalan yang menyelamatkan akan Anak-Nya Yesus Kristus (2 Petrus 3:9). Untuk itu, Dia telah memberikan setiap orang hak untuk memutuskan apakah mengikut Tuhan dengan ketaatan atau tidak. Namun, mereka yang menolak Juruselamat diperingatkan “telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.”

(Dr. Charles Stanley, In Touch Ministries)

One comment on “Yohanes 3:17-18 – Telah berada di bawah hukuman

  1. Dear all. Mohon maaf tidak dapat hadir beberapa waktu karena kesehatan, dan puji Tuhan sudah pulih kembali. GBU all!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s