Yakobus 3:9-18 – Menabur dalam Roh

ayat140301

 

“Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik. Dan buah yang terdiri dari kebenaran ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai. – Yakobus 3:17-18

 

DALAM semua pilihan kita sehari-hari, pilihan kita salah satu:
“menabur dalam daging” atau “menabur dalam Roh” (Galatia 6:8). Dengan tindakan dan pikiran kita, kita menanam benih yang mempengaruhi bagaimana kita akan tumbuh dan tingkat dampak kehidupan kita bagi Tuhan.

“Daging” adalah bagian dari kita yang ingin hidup dan bertindak bebas dari Tuhan. Sebagai manusia, kita semua harus berurusan dengan tarikan sikap ini, kita tidak lepas dari padanya secara otomatis ketika kita diselamatkan.

Namun, Roh Kudus membebaskan kita dari perbudakan daging. Dia mulai mengubah kita sehingga kita dapat berpaling dari godaan hidup menipu diri sendiri dan bukannya mulai hidup sesuai dengan kebenaran.

Pilihan yang kita buat berkontribusi dalam proses transformasi, dan ketika pilihan tersebut sejalan dengan pekerjaan Roh Kudus, benih yang baik itu bertumbuh dan menghasilkan buah.

Bila Anda menabur dalam Roh, Anda menerima kebenaran Allah dalam pikiran dan hati Anda. Kemudian Anda akan mulai mengalami hidup yang kekal, yang berasal dari benar-benar mengenal Tuhan (Yohanes 17:3). Buah Roh tumbuh secara alami dari benih kebenaran ilahi dan mempengaruhi setiap aspek kehidupan Anda. Ketika Anda memberi makan roh Anda dengan hal-hal dari Allah, Anda akan menjadi lebih kuat , lebih menjadi seperti Kristus, dan hidup-Nya lebih memenuhi dalam pikiran dan tindakan Anda.

Apakah Anda memberi makan jiwa Anda dan sumur kehidupan Anda, atau apakah Anda memberi makan bagian dari Anda yang ingin hidup dan bertindak bebas dari Allah? Apakah pilihan Anda menabur benih yang membangun Anda, membuat Anda berbeda, dan membiarkan aliran-aliran air hidup mengalir dari Anda untuk menjadi berkat bagi orang lain? (Yohanes 7:37-39).

(Dr Charles Stanley, Intouch Ministries).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s