Mengapa Belajar Menantikan Tuhan Sangat Penting

ayat_140304_waiting god

“Manusia dapat membuat rencana, tetapi Allah yang menentukan jalan hidupnya.” Amsal 16:9 BIS)

Tidak ada yang suka menunggu, tetapi apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa menunggu? Itu karena ketertundaan sesuatu menunjukkan kepada kita bahwa ada hal-hal yang diluar kendali kita. Seseorang mungin menyebutnya meleset dari yang ditentukan.

Meskipun kita mungkin dapat mengidentifikasi penyebab langsung — seperti lampu lalu lintas atau antrian panjang — akhirnya Tuhanlah yang mengendalikan semua ketertundaan atau terlambatan kita. Karena Dia berdaulat atas segala sesuatu di surga dan di bumi, bahkan waktu dan jadwal kita ada di tangan-Nya.

Ini berarti bahwa dalam setiap keterlambatan atau ketertundaan, kita benar-benar menunggu Allah dengan cara yang satu berbeda dengan yang lain. Anda mungkin berpikir bahwa ungkapan “menantikan Tuhan” hanya berlaku untuk mencari petunjuk atau jawaban doa dari Tuhan. Tapi itu bisa berarti jauh dari hal itu bila Anda ingat bahwa Dia menguasai semua Anda hal-hal yang mengganggu dan menimbulkan frustrasi pada hari-hari Anda.

Dalam kehidupan Kristen, belajar untuk menantikan Tuhan adalah sangat penting karena sampai Anda melakukannya, Anda tidak akan pernah bisa berjalan dalam ketaatan kepada Tuhan, memiliki kehidupan doa yang efektif, atau mengalami kedamaian dalam bersandar pada kedaulatan-Nya yang penuh kasih.

Kita harus belajar untuk mempercayai “pertimbangan” Tuhan — bukan hanya tentang peristiwa besar dalam hidup kita, tetapi juga hal yang sepele yang menyebabkan kita menjadi jengkel, tidak sabar, atau bahkan marah. Jika kita peka terhadap pimpinan-Nya, setiap keterlambatan atau penundaan memberikan pelajaran bagi kita.
Lain kali apabila Anda menghadapi penantian yang tidak terduga atau tidak diinginkan, ingatlah bahwa hal itu diketahui dan diizinkan oleh Tuhan. Dia ingin mengajarkan kesabaran dan meningkatkan iman Anda. Tuhan lebih tertarik untuk mengembangkan karakter ilahi Anda daripada Dia memastikan jadwal Anda berjalan sesuai dengan rencana Anda.

(Dr Charles Stanley, Intouch Ministries)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s